Pembuatan Kandang Puyuh

,
Sekedar sharing aja. Kandang puyuh ini hasil rancangan saya. Berhubung tidak ada tukang  dan biaya tukang mahal, jadi kandang puyuhnya mbuat sendiri. Pembuatan kandang puyuh ini membutuhkan waktu kurang lebih 1 minggu. Dibuat pada bulan Januari 2011 di Laboratorium Pengembangan Riset Andrian Alhad yang berlokasi di Desa Tanjung Raja Timur, Kecamatan Tanjung Raja, Kabupaten Ogan Ilir, Propinsi Sumatera Selatan. Koordinat: 3°21'31"S   104°46'10"E

Nih lokasinya

Atau langsung klik aja ini



Bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan kandang puyuh ini dapat dilihat pada Tabel 1. Kemudian untuk alat-alatnya dapat dilihat pada Tabel 2.

Tabel 1. Bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan kandang puyuh




Tabel 2. Alat-alat yang digunakan dalam pembuatan kandang puyuh



Metode yang digunakan adalah metode eksperimental yaitu metode percobaan untuk mendapatkan kandang puyuh berkualitas ....





Ukuran kandang ini sudah saya sesuaikan dengan bahan-bahan yang digunakan. Misalnya untuk ukuran pintu kandang saya sesuaikan dengan ukuran tempat minum. Jadi, tempat minum merangkap sebagai pintu kandang. Kemudian ukuran lebar kandangnya sesuai dengan lebar kawat, sehingga penggunaan kawat lebih hemat. Kawat yang di jual dipasaran ukuran lebarnya 90 cm. Lebar kandang yang saya gunakan adalah 80 cm, sehingga ada sisa 10 cm yang nantinya digunakan sebagai tempat telur. Alas kandang juga dibuat sedikit miring, agar telur yang jatuh langsung menggelinding keluar.








Untuk wadah kotorannya, kita dapat menggunakan kayu reng atau bambu sebagai kerangkanya. Sedangkan untuk alasnya kita dapat menggunakan karung bekas atau plastik polybag dengan lebar 100 cm. Disini saya menggunakan plastik polybag. Walaupun sedikit lebih mahal, tapi plastik ini lebih awet.


Wadah makanan di buat memanjang dan berada di luar kandang. Tujuannya agar pemberian pakan lebih mudah dan pakan yang diberikan lebih merata. Untuk alas wadah makanannya menggunakan triplek.

Ini kerangka kandang puyuhnya, hampir jadi lho...!


Dan ini hasil akhirnya.....

Satu petak kandang ini mampu menampung 60-70 ekor induk puyuh. Sehingga daya tampung kandang ini berkisar antara 240 - 280 ekor induk puyuh.



Sekian dulu untuk hari ini, hasil percobaan berikutnya akan segera di update…

4 komentar:

semua jadi satu mengatakan...

mantap gan,,,o iya,skalian mau nanya ni,harga anak puyuh doq 10 hr brapa ya?
salam knal aj

Anonim mengatakan...

Di pasar Tg. Raja ado dak yg jual pakan puyuh ni?

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Profil mengatakan...

ngape dak posting lagi andre?